Review Detail Drama Terbaru Lee Min Ho, The King : Eternal Monarch

Dunia K-Drama kembali diramaikan dengan kisah bernuansa romansa fantasi. Drama Korea terbaru berjudul “The King : Eternal Monarch” ini mengajak Lee Min Ho untuk turut berpartisipasi setelah sempat absen dari dunia K-Drama karena mengikuti wajib militer. Dalam Bahasa Korea, drama ini disebut juga 더 킹: 영원의 군주 (baca : “Deo King : Yeongeonui Gunju”).

Serial ini telah tayang di SBS TV, salah satu stasiun televisi di Korea Selatan dan Netflix yang ditayangkan secara internasional pada 17 April 2020. Durasi setiap episode yaitu 70 menit. Selain mengangkat tema romansa fantasi, drama besutan Hwa&Dam Pictures ini juga mengambil tema tentang perjalanan waktu dan science fiction (fiksi ilmiah).

Sinopsis

Serial ini bercerita tentang petualangan Lee Gon (diperankan oleh Lee Min Ho) yang merupakan pemimpin Kerajaan Korea dalam dimensi paralel. Ia berusaha untuk menutup pintu dimensi paralel yang sengaja dibuka oleh para iblis.

Kisah ini diawali dengan Lee Gon kecil berusia 8 tahun yang menyaksikan ayahnya sang Raja Korea bernama Lee Ho dibunuh. Saat itu, Lee Gon juga berusaha dibunuh namun gagal karena adanya sosok misterius yang menyelamatkannya. Sebelum proses penyelamatan, ia menggenggam sebuah tulisan tanda pengenal.
Lee Lim melarikan diri dan masuk ke dunia paralel. Sebuah tempat yang sama namun dengan sistem yang berbeda. Di tempat baru tersebut, ia menjumpai banyak orang yang hampir sama dengan orang-orang yang ada di tempat asalnya. Hanya saja, sifat dan sikap mereka berbanding terbalik.

Lee Lim adalah seorang yang ambisius. Ia berkeinginan untuk mengendalikan seluruh dunia. Keinginan ini bahkan hampir menyerupai dewa yang menguasai segala hal di atas manusia. Lee Lim juga menemukan cara agar menjadi semakin kuat dan berkuasa yaitu dengan membunuh setiap kembarannya yang berada di dunia yang berbeda.
Lee Gon seorang raja yang dulunya merupakan putra mahkota. Tampan, kaya raya serta memiliki martabat yang tinggi. Ia yang bertugas menggantikan ayahnya atas segala kewajiban setelah sang ayah wafat. Kematian Lee Lim dipalsukan. Orang-orang mengira sang pengkhianat telah mati. Padahal yang sebenarnya ia masih ada namun tidak di kerajaan itu.

Suatu ketika Lee Gon menemukan pintu menuju dunia paralel. Merasa aneh dengan kehidupan di tempat tersebut, namun akhirnya ia mampu beradaptasi. Saat masih dalam pencarian, ia tak sengaja bertemu dengan Jung Tae Eul (diperankan oleh Kim Go Eun). Seseorang yang namanya tertulis dalam tanda pengenal yang ia pegang saat berusia 8 tahun.

Jung Tae Eul adalah seorang polisi. Ia menangkap Lee Gon yang berkeliaran di jalan hingga mengakibatkan keributan. Saat diperiksa di kantor polisi, tak satupun identitas cocok dengan Lee Gon. Oleh sebab itu, akhirnya Lee Gon dibebaskan.

Lee Gon berusaha meyakinkan kepada polisi itu bahwa dunia paralel benar adanya. Jung Tae Eul tentu berpikir bahwa ini adalah hal yang tidak logis. Lee Gon terus-terusan meyakinkannya dan akhirnya ia mau diajak ke dunia paralel.

Di dunia tersebut, Jung Tae Eul bertemu sosok lain yang menyerupai dirinya. Sifatnya juga berbeda. Namun, tedapat peringatan bahwa bila dua sosok kembar ini terlalu sering bertemu, salah satunya akan mati demi menjaga keseimbangan.

Pada beberapa episode selanjutnya, penonton akan disuguhkan dengan pencarian Lee Gon. Jung Tae Eul juga turut membersamainya dalam langkah ini. Bahkan, Lee Gon juga diajak ke rumah Jung Tae Eul serta diperkenalkan dengan ayahnya. Lantas, bagaimana kelanjutan kisah mereka? Apakah bisa mereka terus bersama? Atau ada salah satu yang harus berkorban merelakan diri mereka?

Review

Pada masa awal penayangan, drama ini sudah menuai kontroversi. Pasalnya setting kerajaan fiktif dalam cerita ini sungguh mirip dengan kuil di Jepang. Kuil tersebut adalah Kuil Todai-ji yang merupakan kuil Budha di Daerah Nara, Jepang. Ada lagi kesamaan segel Kerajaan fiksi dengan Segel Kekaisaran yang asli.

Sayangnya saat penayangan tersebut, kondisi Korea Selatan dan Jepang sedang tidak bagus. Warganet turut khawatir jika nantinya dari drama ini dianggap menjiplak atau melakukan plagiarism dari kerajaan yang memang benar-benar ada. Hal tersebut juga dikhawatirkan dapat merenggangkan hubungan antar dua Negara, Korea Selatan dan Jepang.

Drama ini menempuh perjalanan yang cukup panjang karena penayangannya di tengah-tengah pandemi COVID-19. Pihak tim produksi juga telah mengklarifikasi masalah ini serta menyampaikan permohonan maaf akibat kemiripan atribut-atribut kerajaan tersebut. Pasalnya, akibat proses syuting yang hanya bisa dilakukan dalam negeri saja, banyak hal yang membatasi hasil yang maksimal karena hanya melakukan proses editing CGI berdasarkan dokumen-dokumen lama yang tersimpan. Tim produksi memohon maaf serta berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Drama ini mengambil para pemeran yang cukup populer dan sudah berpengalaman dengan menyukseskan berbagai drama yang telah lalu. Sebagai drama come back Lee Min Ho, The King : Eternal Monarch juga turut mempengaruhi banyaknya peminat untuk menyaksikan drama ini. Kombinasi penulis naskah Kim Eun Sook dan sutradara Baek Sang Hoon juga sudah tidak diragukan lagi dengan hasil pada drama hits sebelumnya yang pasti telah dikenal masyarakat yaitu Descendant of The Sun.

Penonton masih dibuat bertanya-tanya dengan kelanjutan drama ini. Selayaknya serial fantasi romansa yang lainnya, dalam drama ini juga diberikan bumbu-bumbu kemesraan antara kedua pemeran Lee Min Ho dan Kim Go Eun. Namun, ada kalanya ketika penonton dibuat ketakutan bahwa salah satu dari mereka akan terbunuh.
Namun, cukup disayangkan bahwa peringkat yang diperoleh drama ini tidak terlalu baik. Masih berkisar di angka 5 hingga 7 persen. Terlihat bahwa masyarakat kurang menaruh minat pada serial ini.

Tersapat beberapa dugaan penyebab drama ini kurang diminati. Penyebab pertama diduga karena penayangannya di hari yang sama dengan The World of The Married. Konsep pengetahuan yang disuguhkan dalam cerita ini cukup rumit yang terkadang membuat para penonton bingung. Ada juga kemungkinan lain yang menyebutkan bahwa drama ini kurang sukses karena chemistry di antara kedua pemain kurang maksimal.

Kondisi keterpurukan ini berbanding terbalik dengan penonton internasional yang menyaksikan melalui Netflix. Beragam pujian digelontorkan untuk drama fiktif yang romantis ini. Bahkan, di Netflix drama ini selalu merajai posisi klasemen teratas.

Rekomendasi

Drama The King : Eternal Monarch ini dapat menjadi salah satu tontonan akhir pekan yang menyenangkan bagi keluarga anda. Ceritanya yang menuntut pemikiran cukup rumit ini masih cenderung ringan dan tidak menghadirkan konflik yang terlalu berat. Terdapat beberapa adegan yang harus diwaspadai apabila anda ikut menyaksikan serial ini bersama si kecil.

Tertarik menonton drama Korea The King : Eternal Monarch ini? Unduh saja di Download Film Sub Indo